AIR LIUR DAN LUKA? APA HUBUNGANNYA?


Wah Ternyata Air Liur Punya Segudang Manfaat yang Hebat Loh -...


Asalamu’alaikum!

Sobat Zelmira, pernah gak sih kalian menonton suatu film? Dan di film tersebut menayangkan jari pemeran utama perempuannya sedang tergores dan jari perempuan tersebut langsung dikulum oleh pemeran utama laki-laki?

Ternyata pemeran utama laki-laki gak hanya asal kulum loh! Pemeran laki-laki di film itu sedang melakukan pertolongan pertama kepada jari perempuan yang sedang terluka, dengan memberikan air liurnya ke jari perempuan tersebut.

Tapi, apa kalian pernah berpikir? Kenapa air liur manusia dapat menjadi pertolongan pertama saat mendapat luka kecil?

Ternyata air liur hewan pengerat seperti Anjing dapat menjadi antiseptik yang mematikan bakteri pada luka. Karena air liur Anjing mengandung Epidermal growth factor (EGF) dan nerve growth factor (NGF) yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka..

Air liur manusia juga tidak kalah hebatnya, walaupun manusia tidak memiliki 2 kandungan yang terdapat di air liur hewan pengerat tersebut. Akan tetapi air liur manusia memiliki kandungan Histatin.

Histatin adalah zat yang ditemukan di dalam air liur manusia. zat ini merupakan protein antimikroba yang kaya histidin. Di dalam rongga mulut, Histatin berfungsi dalam menjaga homeostasis.

Karena Histatin yang antimikroba dan antijamur, histasin dapat berperan untuk menutup dan membunuh bakteri pada luka.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laki-Laki Egois

SEUNIK APA BULAN DI MATA KAMU?

Tokoh-Tokoh Sosiologi Klasik, Siapa Saja Mereka?