Tokoh-Tokoh Sosiologi Klasik, Siapa Saja Mereka?



Asalamu’alaikum sahabat Zelmira! 

Teori Sosiologi dipisahkan menjadi dua bagian: Teori Sosiologi Klasik dan Teori Sosiologi Modern. Tetapi dalam postingan kali ini Zelmira akan membahas mengenai Teori Sosiologi Klasik. Siapa saja mereka? 

1.) August Comte 


Memiliki nama lengkap Isidore Auguste Marie Francois Xavier Comte, ia lahir di Montpellier, Perancis pad tanggal 19 Januari 1798. Dalam Ilmu Sosiologi, nama August Comte tidak asing lagi, ia dikenal sebagai bapak Sosiologi Dunia.

Yaitu pertama tahap Teologis atau Fiktif, kedua tahap metafisik yang merupakan perkembangan dari tahap pertama, dan ketiga adalah tahap positif yang merupakan tahap terakhir dari perkembangan manusia. 
 
2.) Max Weber 

 
Maximilian Weber lahir di Erfurt, Jerman 21 April 1964. Ia merupakan ahli Sosiolog, Ekonom, Politik, Geograf. Karyanya yang paling popular adalah Die Protestantische Ethik Unsd Geist Des Kapitalismus atau Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme . buku ini membahas mengenai bagaimana Etika dan gagasan Puritan telah mempengaruhi perkembangan Kapitalisme. 

3.) Karl Marx 

 
Karl Marx lahir pada 5 Mei 1818 di Trier, Jerman. Ia merupakan penulis buku Das Kapital. Buku Populernya ini membahas mengenai Ekonomi Politik. 

4.) Emile Durkheim 

 
David Emile Durkheim lahir pada 15 April 1858 di Epinal, Perancis.  

Durkheim merupakan sosok pemikir dibalik teori: Solidaritas, Fakta Sosial, Bunuh Diri, dan Agama. 

5.) Ibnu Khaldun 
 

Abu Zayd ‘Abd Al-Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun al-Hadrami. Lahir pada 27 Mei 1332 di Tunis , Tunisia. ia merupakan pendiri ilmu Historiografi, Sosiologi dan Ekonomi.

Dalam Ilmu Sosiologi, Ibnu Khaldun membagi masyarakat menjadi tiga tingkatan: Masyarakat Primitif, Pedesaan, dan Kota. 

6.) Herbert Spencer 

 
Herbert Spencer lahir pada 27 April 1820 di Derby, Britania Raya. Ia merupakan pemikir teori Liberal Klasik yang terkemuka. 

Di dalam karyanya, Social Statics di Teori Evolusi, Spencer mengartikan bahwa Masyarakat adalah organisme yang berdiri sendiri dan berevolusi sendiri menurut kemauan dan tanggung jawab anggotanya. 

7.) Georg Simmel 

 
Georg Simmel lahir 1 Maret 1858 di Berlin, Jerman. Ia merupakan salah satu Pionir dan menjadikan Sosiologi sebagai cabang Ilmu yang berdiri sendiri. 

8.) Sigmund Freud 

   
Sigmund Freud lahir 6 Mei 1856 di Pribor, Ceko. Konsep teorinya yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku. 









Sumber: 
http://blog.unnes.ac.id/hafidsetiaji/2015/11/08/3/

http://sosioab.blogspot.com/2015/12/teori-sosiologi-herbert-spencer.html?m=1

http://sosiologis.com/tokoh-sosiologi-klasik/amp

https://dosensosiologi.com/teori-sosiologi-klasik/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEUNIK APA BULAN DI MATA KAMU?

Laki-Laki Egois